Pemerintah Siapkan 5 Jenis Vaksin Guna Redam Covid-19

Vaksin Anti Covid 19
Kepala Badan Pengawasam Obat dan Makanan (BPOM) menyebutkan vaccine booster dibutuhkan karena antibodi dari masyarakat mengalami penurunan. Sehingga dibutuhkan suntikan antigen baru melalui vaccine booster ini. (Photo : Nataliya V)

Jakarta, LM – Untuk semakin meredam potensi penyebaran virus COVID 19, pemerintah memutuskan untuk melakukan vaccine booster secara bertahap.

Hal yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo ini, dibenarkan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartanto saat menjadi Pembicara Kunci di acara Proyeksi 2022 yang diselenggarakan oleh Kosgoro 1957.

“Vaccine booster akan dimulai pada esok, Rabu (12/1) secara bertahap. Dan untuk tahap sekarang akan diberikan secara gratis,” kata Airlangga.

Ia menyebutkan tahapan ini akan dimulai dengan daerah yang sudah mencapai persentase vaksinasi sebesar 70 persen.

“Akan ada lima jenis vaksin yang dipersiapkan untuk vaccine booster. Sinovac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna dan Zifivax,” ucapnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Badan Pengawasam Obat dan Makanan (BPOM) menyebutkan vaccine booster dibutuhkan karena antibodi dari masyarakat mengalami penurunan. Sehingga dibutuhkan suntikan antigen baru melalui vaccine booster ini.

“Data imunogenitas dari pengamatan hasil uji klinik dari semua vaksin COVID 19 menunjukkan adanya penurunan kadar antibodi yang secara signifikan menurun sampai 30 persen dalam jangka waktu enam bulan usai diberikannya vaksin primer secara lengkap,” ucapnya.(Gdf/Red)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *